Persamaan Akuntansi yang Gunakan Rumus Matematika

Persamaan akuntansi adalah prinsip dasar akuntansi dan elemen neraca (laporan posisi keuangan). Berikut adalah persamaannya.

aset = kewajiban/hutang + kepentingan/modal pemilik

Persamaan ini memberi dasar mekanisme double-entry dalam akuntansi dan menetapkan struktur neraca. Double-entry adalah sistem yang mengatur bahwa setiap transaksi berpengaruh terhadap dua sisi persamaan. Setiap perubahan pada akun aset, akan berdampak berupa perubahan dalam jumlah yang sama terkait dengan sisi kewajiban atau modal pemilik. Persamaan akuntansi ini harus selalu diterapkan dalam melakukan entry jurnal.

Neraca terbagi menjadi tiga elemen utama dengan berbagai item pada setiap elemennya haiti aset, kewajiban dan modal pemilik. Persamaan akuntansi dapat pula disusun dalam formulasi sebagai berikut.

modal pemilik = aset – kewajiban/hutang

Dengan formulasi ini terlihat jelas hubungan antara modal pemilik dan hutang/kewajiban. Sebagaimana tersajikan, modal pemilik adalah saldo/sisa setelah kewajiban/hutang dikurangkan dari aset. Hal ini karena kreditur (pihak yang meminjamkan uang) memiliki hak/klaim atas aset perusahaan.

Misalnya, jika perusahaan mengalami kebangkrutan, semua asetnya dijual, maka hasil penjualan aset digunakan untuk terlebih dahulu untuk menyelesaikan kewajiban. Hanya jika masih terdapat sisa penjualan aset maka pemilik baru berhak atas sisa penjualan aset tersebut sebagai penggantian investasi yang telah dilakukannya, artinya pemilik akan memperoleh sisa aset bersih yang telah digunakan untuk menyelesaikan kewajiban terlebih dahulu sebagai ganti investasi yang dilakukan pada perusahaan.

Harus tetap diingat bahwa, bagaimanapun penyajian formula persamaan akuntansinya, persamaan akuntansi harus tetap seimbang/balans.

Artikel ini sebelumnya disajikan dalam bahasa inggris di corporate finance institute.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.